?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+STRATEGI+SCAFFOLDING+PADA+PEMBELAJARAN+SIMAYANG+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+%0D%0APROSES+SAINS+PADA+MATERI+LARUTAN+%0D%0AELEKTROLIT+DAN+NON+ELEKTROLIT&rft.creator=RESTU+DWI+APRIAN%2C+1313023067&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+pengaruh+penggunaan+strategi+scaffolding+dalam+model+pembelajaran+SiMaYang+dilihat+dari+perbedaan+rata-rata+n-Gain+keterampilan+proses+sains+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non-elektrolit.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+5+Bandar+Lampung+pada+semester+genap+tahun+2016%2F2017.++Teknik+pe%C2%ACngambilan+sampel+yang+digunakan+yaitu+teknik+cluster+random+sampling+sehingga+di%C2%ACperoleh+sampel+kelas+X+MIA+3+dan+X+MIA+4.++Metode+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperi-men+dengan+Pretest-Posttest+Control+Group+Design.++Kelas+eks-perimen+diberi+perlakuan+menggunakan+strategi+scaffolding+dalam+pembelajaran+SiMaYang%2C+sedangkan+pada+kelas+kontrol+menggunakan+pembelajaran+SiMaYang+tanpa+strategi+scaffolding.++Pengaruh+penerapan+strategi+scaffolding+diukur+berdasarkan+perbedaan+n-Gain+antara+kelas+kontrol+dan+eksperimen.++Teknik+analisis+data+hasil+belajar+dalam+penelitian+ini+adalah+menggunakan+nilai+n-Gain+dan+pengujian+hipotesis+menggunakan+independent+sample+t-test.++Hasil+pene-litian+membuktikan+bahwa+penerapan+strategi+scaffolding+pada+pembelajar-an+SiMaYang+berpengaruh+dalam+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non-elektrolit.++Ukuran+pengaruh+(effect+size)+penerapan+strategi+scaffolding+sebesar+0%2C96+yaitu+kategori+%E2%80%9Csangat+besar%E2%80%9D.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+keterampilan+proses+sains%2C+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit%2C+SiMaYang%2C+strategi+scaffolding.+%0D%0A&rft.publisher=+UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2017-05-27&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26785%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26785%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26785%2F2%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RESTU+DWI+APRIAN%2C+1313023067++(2017)+PENGARUH+STRATEGI+SCAFFOLDING+PADA+PEMBELAJARAN+SIMAYANG+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+PADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON+ELEKTROLIT.+++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26785%2F