%A 1313023067 RESTU DWI APRIAN %T PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dilihat dari perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe?ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling sehingga di?peroleh sampel kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eks-perimen diberi perlakuan menggunakan strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding. Pengaruh penerapan strategi scaffolding diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-Gain dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil pene-litian membuktikan bahwa penerapan strategi scaffolding pada pembelajar-an SiMaYang berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Ukuran pengaruh (effect size) penerapan strategi scaffolding sebesar 0,96 yaitu kategori ?sangat besar?. Kata kunci: keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit, SiMaYang, strategi scaffolding. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints26785