creators_name: RESTU DWI APRIAN, 1313023067 creators_id: dwiaprianrestu@gmail.com type: other datestamp: 2017-06-08 03:26:12 lastmod: 2017-06-08 03:26:12 metadata_visibility: show title: PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dilihat dari perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe¬ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling sehingga di¬peroleh sampel kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eks-perimen diberi perlakuan menggunakan strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding. Pengaruh penerapan strategi scaffolding diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-Gain dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil pene-litian membuktikan bahwa penerapan strategi scaffolding pada pembelajar-an SiMaYang berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Ukuran pengaruh (effect size) penerapan strategi scaffolding sebesar 0,96 yaitu kategori “sangat besar”. Kata kunci: keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit, SiMaYang, strategi scaffolding. date: 2017-05-27 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: RESTU DWI APRIAN, 1313023067 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/26785/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26785/3/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26785/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf