%0 Generic %A SUSI GUSTINA , (1313022073) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26795 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT FISIKA PADA PEMBELAJARAN LABORATORIUM BERBASIS KIT IPA %U http://digilib.unila.ac.id/26795/ %X ABSTRAK Instrumen yang digunakan guru di sekolah untuk menilai aspek psikomotor siswa belum sesuai bahkan ada guru yang belum menggunakan instrumen penilaian untuk pembelajaran laboratorium. Belum ada instrumen performance assessment berbasis KIT IPA. Kondisi ini pula yang terjadi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen performance assessment berbasis KIT IPA pada pembelajaran IPA Terpadu serta mendeskripsikan kelayakan instrumen dari segi konstruksi, subtsansi, dan bahasa. Desain pengembangan dilaksanakan dengan model pengembangan Sugiyono (2013: 298). Pada desain pengembangan ini, peneliti melakukan analisis konten, penyusunan tugas kinerja, penyusunan skenario pembelajaran, penyusunan spesifikasi instrumen, penulisan instrumen, penentukan skala instrumen, dan penentuan pedoman penskoran. Instrumen hasil pengembangan kemudian divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan persentase kelayakan instrumen menurut validator. Persentase kelayakan konstruksi sebesar 93,8% yang berarti sangat layak, kelayakan substansi sebesar 96,9% yang berarti sangat layak, dan kelayakan bahasa sebesar 97,2% yang berarti sangat layak. Hal itu berarti bahwa instrumen sudah layak untuk digunakan. Kata kunci: instrumen performance assessment, pembelajaran IPA Terpadu, scientific