TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26800 UR - http://digilib.unila.ac.id/26800/ A1 - SUNDARI, 1313022072 Y1 - 2017/05/17/ N2 - ABSTRAK Pembelajaran IPA di sekolah tidak dapat terlepas dari kegiatan praktikum. Pelaksanaan kegiatan praktikum membutuhkan panduan yang dapat menuntun siswa, namun disekolah belum tersedia panduan praktikum khusus sehingga guru harus membuat petunjuk dalam bentuk lembaran sebagai panduan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Bandarlampung pada materi getaran dan gelombang yang tervalidasi, menarik, memudahkan, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan diperoleh skor 3,50 (sangat layak), uji ahli materi dengan hasil materi sudah baik. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan yang telah dilakukan oleh siswa diperoleh kemenarikan dengan skor 3,14 (menarik), kemudahan dengan skor 3,09 (mudah), dan kebermanfaatan dengan skor 3,17 (bermanfaat). Kata kunci: collaborative teamwork learning, getaran dan gelombang, panduan praktikum PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING AV - restricted ER -