TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints26829 UR - http://digilib.unila.ac.id/26829/ A1 - NURUL SUPARNI, 1313053118 Y1 - 2017/05/15/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan jamak. Analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians dan independent sample ttest dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis melalui t-test pooled varians diperoleh nilai thitung>ttabel dan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan HI diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: jigsaw, hasil belajar, matematika PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR AV - restricted ER -