creators_name: NURUL SUPARNI, 1313053118 creators_id: suparninurul22@gmail.com type: other datestamp: 2017-06-12 04:31:01 lastmod: 2017-06-12 04:31:01 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan berupa soal pilihan jamak. Analisis data menggunakan rumus t-test pooled varians dan independent sample ttest dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis melalui t-test pooled varians diperoleh nilai thitung>ttabel dan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan HI diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: jigsaw, hasil belajar, matematika date: 2017-05-15 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: NURUL SUPARNI, 1313053118 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/26829/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26829/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26829/3/SKRIPSI%20FULL.pdf