TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26844 UR - http://digilib.unila.ac.id/26844/ A1 - HESTI PUSPITA SARI, 1313031041 Y1 - 2017/04/26/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas butir soal buatan guru pada mata pelajaran IPS Terpadu antara sekolah yang terakreditasi A dan terakreditasi B jenjang SMP Negeri di Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh butir soal ulangan tengah semester ganjil mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri yang terakreditasi A dan terakreditasi B di Kabupaten Lampung Tengah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik Cluster Area Sampling diperoleh sampel sebanyak 102 soal dari 3 sekolah yang terakreditasi A dan 110 soal 3 sekolah yang terakreditasi B. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas butir soal di SMP Negeri yang terakreditasi A lebih unggul dalam tingkat kesukaran, efektivitas pengecoh dan validitas. Sedangkan, kualitas butir soal di SMP Negeri yang terakreditasi B lebih unggul dalam segi daya pembeda dan reliabilitas. Kata kunci: Kualitas butir soal, Akreditasi Sekolah PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERBANDINGAN KUALITAS BUTIR SOAL BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU ANTARA SEKOLAH YANG TERAKREDITASI A DAN TERAKREDITASI B JENJANG SMP NEGERI DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -