title: PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS V SDN 1 METRO UTARA creator: RESTA RISTIANI, 1313053132 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB1501 Primary Education description: Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi di kelas V SDN1 Metro Utara permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya hasil belajar siswa yakni 11 orang siswa dari 28 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah di tentukan yaitu 68. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa tema organ tubuh manusia dan hewan sub tema tubuh manusia pembelajaran 3 kelas V SDN 1Metro Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung = 2,692 > ttabel = 2,005 (α=0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, scramble, tematik publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-05-04 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26845/15/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26845/16/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26845/17/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: RESTA RISTIANI, 1313053132 (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS V SDN 1 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNVIERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26845/