?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+MOTIVASI+BELAJAR+SISWA+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+KELAS+XI+IPS+SMA+NEGERI+1+KRUI+TAHUN+AJARAN+2016%2F2017&rft.creator=IYAR+WINDI+YANTI%2C+1313033042&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB2300+Higher+Education&rft.description=Berdasarkan+observasi+pendahuluan+di+kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Krui+diketahui+bahwa+rendah+atau+kurangnya+motivasi+belaja++r+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah%2C+untuk+menyikapi+hal+tersebut+perlu+adanya+suatu+tindakan+untuk+meningkatkan+motivasi+belajar+siswa.+Sehingga%2C+utuk+mengatasi+permasalahan+tersebut+peneliti+menggunakan+Model+Pembelajaran+Problem+Based+Learning+(PBL).+Model+pembelajaran+ini+dapat+berperan+untuk+meningkatkan+motivasi+belajar+siswa.%0D%0ARumusan+masalah+pada+penelitian+ini+adalah+%E2%80%9CApakah+ada+Pengaruh+yang+Positif+Model+Pembelajaran+Problem+Based+Learning+(PBL)+Terhadap+Motivasi+Belajar+Siswa+Pada+Mata+Pelajaran+Sejarah+Kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Krui+Tahun+Ajaran+2016%2F2017%3F%E2%80%9D.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+%E2%80%9CAdanya+Pengaruh+yang+positif+Model+Pembelajaran+Problem+Based+Learning+(PBL)+terhadap+motivasi+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Krui+tahun+ajaran+2016%2F2017%E2%80%9D.+Metode+penelitian+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+adalah+metode+eksperimen+dengan+desain+Posttest-Only+Control+Design.+Populasi+dari+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPS+dengan+teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+purposive+sampling%2C+sehingga+sampel+yang+diperoleh+yaitu+siswa+kelas+XI+IPS+4+dan+XI+IPS+5.+Teknik+analisis+data+dalam+penelitian+ini+adalah+analisis+data+kuantitatif+dengan+dilakukan+uji+analisis+data+menggunakan+rumus+theta.%0D%0ABerdasarkan+hasil+analisis+data+yang+telah+dilakukan+dengan+menggunakan+rumus+theta+(%CE%B8)+yaitu+0%2C50625.+Hal+ini+berarti+bahwa+ada+pengaruh+positif+Model+Pembelajaran+Problem+Based+Learning+(PBL)+terhadap+motivasi+belajar+sejarah+siswa+kelas+XI+IPS+SMA+Negeri+1+Krui+Tahun+Ajaran+2016%2F2017.+%0D%0A%0D%0A+Kata+Kunci%3A+Problem+Based+Learning+(PBL)%2C+Motivasi+Belajar+Siswa&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-05-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26859%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26859%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26859%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++IYAR+WINDI+YANTI%2C+1313033042++(2017)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+MOTIVASI+BELAJAR+SISWA+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+KELAS+XI+IPS+SMA+NEGERI+1+KRUI+TAHUN+AJARAN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26859%2F