%A 1313033042 IYAR WINDI YANTI %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRUI TAHUN AJARAN 2016/2017 %X Berdasarkan observasi pendahuluan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui diketahui bahwa rendah atau kurangnya motivasi belaja r siswa pada mata pelajaran sejarah, untuk menyikapi hal tersebut perlu adanya suatu tindakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga, utuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini dapat berperan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ?Apakah ada Pengaruh yang Positif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui Tahun Ajaran 2016/2017??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ?Adanya Pengaruh yang positif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui tahun ajaran 2016/2017?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data menggunakan rumus theta. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus theta (?) yaitu 0,50625. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar Siswa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26859