TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26867 UR - http://digilib.unila.ac.id/26867/ A1 - RINI MEGA PUTRI , 1314131090 Y1 - 2017/05/18/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kinerja koperasi sebagai badan usaha, (2) kontribusi koperasi terhadap pembangunan daerah, (3) manfaat nonekonomi koperasi (kepuasan) untuk anggota, (4) faktor internal dan eksernal koperasi, serta (5) strategi pengembangan koperasi. Penelitian ini dilakukan di Primer Koperasi Tempe dan Tahu Indonesia Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, yang ditentukan secara sengaja (purposive). Data penelitian diambil pada bulan Desember 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Total responden sebanyak 54 anggota Primkopti yang membantu menjawab tujuan ketiga. Responden dipilih dengan metode acak sederhana. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis indeks kepuasan pelanggan dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Primkopti sebagai badan usaha masuk dalam kategori kurang berkualitas. Primkopti kurang berkontribusi terhadap pembangunan. Tingkat kepuasan anggota Primkopti adalah 70,57 persen. Faktor internal Primkopti terdiri dari sumber daya manusia, manajemen, keuangan dan permodalan, unit usaha, dan tertib administrasi. Faktor lingkungan eksternal Primkopti terdiri dari ekonomi, kebijakan pemerintah, pesaing, pemasok, dan teknologi. Strategi prioritas Primkopti adalah (1) menggunakan keuangan dan permodalan Primkopti untuk memanfaatkan permintaan tahu dan tempe yang tinggi di masyarakat, (2) mengoptimalkan permintaan masyarakat terhadap produk Primkopti (alat pemecah kedelai) yang tinggi untuk menambah pendapatan dan mengatasi penyaluran kedelai yang tidak kontinu, dan (3) memanfaatkan harga produk alat pemecah kedelai Primkopti yang terjangkau untuk penguasaan pasar dan bersaing dengan pesaing swasta. Kata kunci : analisis SWOT, pendekatan tripartite, Primkopti ABSTRACT This research aims to analyze : (1) cooperative performance as business entities, (2) cooperative?s contribution towards development, (3) non economic advantage of cooperative (satisfied) for members, (4) Primkopti?s internal and eksternal environmental, and (5) development strategy of cooperative. This research is conducted at Primkopti in Pesawaran District, Lampung Province, which has been chosen purposively. Data of this research is collected in Desember 2016. This research uses a case study method. Total respondents are 54 members of Primkopti to answer the third objective. Respondents are taken by a simple random sampling method. The data analysis method uses the quantitave descriptive analysis, the contribution analysis toward development, the customer satisfaction index analysis, and the SWOT analysis. The results of this research show that the business entities performance of Primkopti is included into the less qualified category. Primkopti has less contribution towards the development of Pesawaran District. Primkopti?s members satisfaction levels is 70.57 percent. Internal environmental of Primkopti is human resources, manajement, finance and capital, business unit, and orderly administration. The priority strategic of Primkopti in Pesawaran District are using Primkopti?s financial and capital to (a) collaborate with the soybean suppliers, (b) optimizes these high community demand of Primkopti?s product (soybean breaker) in order to increase the revenue and resolve soybean?s continuous distribution, and (c) use the cheap soybean breaker product prices to dominating the market and competing with competitors. Key word : Primkopti, SWOT analysis, tripartite approach PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - KINERJA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRIMKOPTI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG AV - restricted ER -