?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBEDAAN+HASIL+BELAJAR+MENULIS+CERPEN+%0D%0ADENGAN+MENGGUNAKAN+METODE+%0D%0ANUMBERED+HEADS+TOGETHER+(NHT)+DAN+JIGSAW+%0D%0AKELAS+IX+SMP+NEGERI+1+KATIBUNG+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017%0D%0A&rft.creator=Soviera+Vitaloka%2C+1113041063&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=%0D%0AABSTRAK%0D%0APERBEDAAN+HASIL+BELAJAR+MENULIS+CERPEN+%0D%0ADENGAN+MENGGUNAKAN+METODE+%0D%0ANUMBERED+HEADS+TOGETHER+(NHT)+DAN+JIGSAW+%0D%0AKELAS+IX+SMP+NEGERI+1+KATIBUNG+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017%0D%0A%0D%0AOleh%3A%0D%0ASoviera+Vitaloka%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+dilakukan+berdasarkan+rumusan+masalah+yaitu+bagaimana+hasil+belajar+menggunakan+metode+Numbered+Heads+Together+(NHT)+dan+Jigsaw+serta+perbedaan+hasil+belajar+menulis+cerita+pendek+dari+kedua+metode+tersebut+pada+siswa+kelas+IX+SMP+Negeri+1+Katibung.+Pemilihan+metode+dalam+pembelajaran+memiliki+kedudukan+yang+sangat+penting+dalam+proses+belajar-mengajar.+Dengan+pemilihan+metode+yang+tepat+dapat+memberikan+jaminan+berlangsungnya+kegiatan+belajar+dan+memberikan+arah+pada+kegiatan+belajar+sehingga+tujuan+yang+dikehendaki+dalam+hal+ini+adalah+hasil+belajar+dapat+tercapai.+Penulis+menggunakan+metode+Numbered+Heads+Together+(NHT)+dan+Jigsaw+dalam+proses+pembelajaran+menulis+cerita+pendek+yang+dilakukan+pada+semester+ganjil+pada+tahun+ajaran+2016%2F2017.%0D%0A%0D%0AMetode+penelitian+yang+digunakan+adalah+metode+penelitian+eksperimen.+Populasi+pada+penelitian+ini+adalah+kelas+IX+pada+SMPN+1+Katibung+yang+berjumlah+8+kelas.+Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+kelas+IX+H+dan+IX+G.+IX+G+yang+berjumlah+dari+35+siswa+yang+terdiri+dari+16+siswa+laki-laki+dan+19+siswa+perempuan.+Selanjutnya+pada+kelas+IX+H+siswanya+yang+berjumlah+36+yang+terdiri+dari+16+siswa+laki-laki+dan+20+siswa+perempuan.+Selanjutnya+peneliti+menetapkan+kelas+IX+G+sebagai+kelas+menggunakan+metode+pembelajaran+kooperatif+tipe+Numbered+Heads+Together+(NHT)+dan+kelas+IX+H+sebagai+kelas+menggunakan+metode+pembelajaran+kooperatif+tipe+Jigsaw.+Pemerolehan+data+pada+penelitian+ini+adalah+teknik+tes%2C+tes+terdiri+dari+tes+kemampuan+awal+dan+tes+kemampuan+akhir.+Data+yang+diperoleh+diuji+menggunakan+SPSS+16.0.+%0D%0A%0D%0ARata-rata+tes+kemampuan+awal+pada+kelas+NHT+mencapai+70.24+dan+kelas+Jigsaw+mencapai+70.49.+Selisih+rata-rata+tes+kamampuan+awal+kelas+NHT+dan+Jigsaw+adalah+0%2C25%2C+pada+uji+perbedaan+tes+kemampuan+awal+equal+variances+assumed+menunjukkan+0%2C858+%3E+0%2C05%2C+artinya+tidak+ada+perbedaan+hasil+belajar+pada+pretes+dengan+menggunakan+metode+kooperatif+NHT+dan+Jigsaw.+Selanjutnya+rata-rata+tes+kemampauan+akhir%2C+pada+kelas+NHT+86%2C2+dan+pada+kelas+Jigsaw+83.65.+Selisih+rata-rata+tes+kemapuan+akhir+kelas+NHT+dan+Jigsaw+adalah+2%2C5%2C+pada+uji+perbedaan++tes+kemampuan+akhir+equal+variances+assumed+menunjukkan+0%2C021+%3C+0%2C05%2C+artinya+ada+perbedaan+hasil+belajar+pada+postes+dengan+menggunakan+metode+kooperatif+NHT+dan+Jigsaw.+Peningkatan+pada+kelas+NHT+adalah+15%2C62+sedangkan+pada+kelas+Jigsaw+11%2C12.+Peningkatan+kelas+NHT+lebih+tinggi+dari+kelas+Jigsaw%2C+dapat+disimpulkan+pemanfaatan+metode+pembelajaran+Numbered+Heads+Together+(NHT)+dan+Jigsaw+memiliki+perbedaan+hasil+belajar+menulis+cerpen+pada+kelas+IX+SMP+N+1+Katibung.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Hasil+Belajar%2C+Metode+Pembelajaran%2C+NHT%2C+Jigsaw%2C+Menulis+Cerpen%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+FKIP&rft.date=2017-05-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26873%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26873%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26873%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Soviera+Vitaloka%2C+1113041063++(2017)+PERBEDAAN+HASIL+BELAJAR+MENULIS+CERPEN+DENGAN+MENGGUNAKAN+METODE+NUMBERED+HEADS+TOGETHER+(NHT)+DAN+JIGSAW+KELAS+IX+SMP+NEGERI+1+KATIBUNG+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017.++Fakultas+FKIP%2C+Universitas+lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26873%2F