@misc{eprints26876, month = {Desember}, title = {PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN MANDAH KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, author = {1413093043 SRI ANIE RAFAIDA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26876/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas IV SDN Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan siklus I persentase keaktifan siswa mencapai 83\% siswa aktif. Siklus II persentase keaktifan siswa mencapai 92\% siswa aktif. Hasil belajar siswa siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 88\% siswa yang tuntas belajar. Siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 96\% siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mandah meningkat. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, Student Teams Achievement Divisions } }