TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2689 UR - http://digilib.unila.ac.id/2689/ A1 - ELIZABETH CAHYA KRISTINA, 0643021021 Y1 - 2014/07/24/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan analisis data secara deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Sejahtera 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu seluruh kelas VIII SMP Sejahtera 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-B. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif diterapkan di kelas VIII ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Sejahtera I Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014) AV - restricted ER -