%0 Generic %A Nina Iswanti, 1313021057 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:26904 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMPN 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/26904/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-6 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round table berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Kooperatif Tipe Round Table, Pengaruh