title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) creator: Rafi Pratiwi, 1313021066 subject: subject: Karya Karya Umum = 000 description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-06-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26905/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26905/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/26905/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Rafi Pratiwi, 1313021066 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/26905/