TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints26905 UR - http://digilib.unila.ac.id/26905/ A1 - Rafi Pratiwi, 1313021066 Y1 - 2017/06/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -