creators_name: Rafi Pratiwi, 1313021066 creators_id: arrafi26@gmail.com type: other datestamp: 2022-03-16 01:45:12 lastmod: 2022-03-16 01:45:12 metadata_visibility: show title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) ispublished: pub subjects: General subjects: KU full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual. date: 2017-06-07 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rafi Pratiwi, 1313021066 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/26905/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26905/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26905/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf