@misc{eprints26933, month = {Juni}, title = {PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SiMaYang UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN MODEL MENTAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT}, author = { 1313023070 RIZQA RAHIM TAUFIK}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26933/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi scaffolding dalam pem-belajaran SiMaYang untuk meningkatkan efikasi diri dan model mental pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA semester genap di SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung, kemudian terpilih X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang ditentukan berdasarkan keterlaksanaan RPP, rubrik scaffolding, tes efikasi diri dan model mental yang selanjutnya dihitung menggunakan uji per-bedaan dua rata-rata dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar terhadap pe-ningkatan efikasi diri dan model mental siswa. Kata kunci: efikasi diri, model mental, scaffolding, SiMaYang } }