creators_name: RIZQA RAHIM TAUFIK, 1313023070 creators_id: rizqarahimtaufik@gmail.com type: other datestamp: 2017-06-16 01:20:27 lastmod: 2017-06-16 01:20:27 metadata_visibility: show title: PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SiMaYang UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN MODEL MENTAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT ispublished: pub subjects: L1 subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi scaffolding dalam pem-belajaran SiMaYang untuk meningkatkan efikasi diri dan model mental pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA semester genap di SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung, kemudian terpilih X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang ditentukan berdasarkan keterlaksanaan RPP, rubrik scaffolding, tes efikasi diri dan model mental yang selanjutnya dihitung menggunakan uji per-bedaan dua rata-rata dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar terhadap pe-ningkatan efikasi diri dan model mental siswa. Kata kunci: efikasi diri, model mental, scaffolding, SiMaYang date: 2017-06-12 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: RIZQA RAHIM TAUFIK, 1313023070 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SiMaYang UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN MODEL MENTAL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/26933/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26933/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26933/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf