%0 Generic %A Dede Indra Komara, 1313022012 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26934 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL TUTORIAL MATERI IMPULS DAN MOMENTUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/26934/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif model tutorial terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 MAN 2 Tangerang. Penelitian ini dilakukan menggunakan Tru-Eskperimental Design dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,002, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif model tutorial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eskperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,66. Media pembelajaran interaktif model tutorial mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kata kunci: Pembelajaran Interaktif, Model Tutorial, Kemampuan Berpikir Kritis