%0 Generic %A Diah Nur Hafifah, 1343021003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:26945 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ALQURUN TEACHING MODEL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/26945/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Alqurun Teaching Model tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti Alqurun Teaching Model lebih baik daripada sebelum mengikuti Alqurun Teaching Model. Kata kunci: Alqurun Teaching Model, Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis