%A 1313053085 LUIKI PRIANTI A.S %T PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA dilihat dari nilai rata-rata mid semester kelas IVB lebih rendah dibanding nila rata-rata kelaas IVA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan derngan menggunakan teknk tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Terknik analisis data berupa kuantitatif. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di SD Negeri 9 Metro Barat sebesar 65. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,71 dan hasil ratarata posttest sebesar 70,71, sehingga N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,38. Sedang Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 55,50 dan hasil rata-rata posttest sebesar 63,50, sehingga N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,14. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,60 sedangkan ttabel sebesar 2,02, perbandingan tersebut menunjukkan (2,60 > 2,02) berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri ( Metro Barat. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, IPA. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints26959