@misc{eprints26965, month = {Mei}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA}, author = {1313023008 ARIFIANI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26965/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pende?katan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas penelitian yang diperoleh yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang di?gunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control Group. Efek-tivitas pendekatan saintifik dalam pe?nelitian ini ditentukan berdasarkan perbedaan n-gain rata-rata yang signifikan anta?ra kelas kontrol dengan kelas eksperimen, persentase rata-rata skor aktivitas dan kinerja siswa kelas eksperimen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa n-gain rata-rata kelas kontrol sebesar 0,36 dan kelas eksperimen sebesar 0,64. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekspe?rimen selama mengikuti pembelajaran sebesar 80\% dan terma?suk dalam kate?gori baik. Persentase rata-rata skor kinerja siswa kelas eksperimen selama melakukan praktikum sebesar 81\% dan termasuk dalam kategori baik. Hal terse?but menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pema?haman konseptual siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : efektivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, pema?haman konseptual, pendekatan saintifik } }