?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PENDEKATAN+SAINTIFIK+PADA+MATERI%0D%0AFAKTOR-FAKTOR+YANG+MEMPENGARUHI+LAJU%0D%0AREAKSI+UNTUK+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN%0D%0AKONSEPTUAL+SISWA&rft.creator=ARIFIANI%2C+1313023008&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Penelitian+ini+dilakukan+dengan+tujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+pende%C2%ACkatan+saintifik+dalam+meningkatkan+pemahaman+konseptual+siswa+pada+materi+faktor-faktor+yang+mempengaruhi+laju+reaksi.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+9+Bandarlampung+semester+ganjil+Tahun+Ajaran+2016%2F2017.++Teknik+pengambilan+sampel+dilakukan+secara+purposive+sampling.++Kelas+penelitian+yang+diperoleh+yaitu+kelas+XI+IPA+5+sebagai+kelas+eksperimen+dan+XI+IPA+6+sebagai+kelas+kontrol.++Metode+penelitian+yang+di%C2%ACgunakan+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+desain+penelitian+yaitu+The+Matching+Only+Pretest-Posttest+Control+Group.++Efek-tivitas+pendekatan+saintifik+dalam+pe%C2%ACnelitian+ini+ditentukan+berdasarkan+perbedaan+n-gain+rata-rata+yang+signifikan+anta%C2%ACra+kelas+kontrol+dengan+kelas+eksperimen%2C+persentase+rata-rata+skor+aktivitas+dan+kinerja+siswa+kelas+eksperimen.++Hasil+perhitungan+menunjukkan+bahwa%09+n-gain+rata-rata+kelas+kontrol+sebesar+0%2C36+dan+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C64.++Berdasarkan+hasil+uji+hipotesis+diperoleh+bahwa+n-gain+rata-rata+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+daripada+kelas+kontrol.++Persentase+rata-rata+skor+aktivitas+siswa+kelas+ekspe%C2%ACrimen+selama+mengikuti+pembelajaran+sebesar+80%25+dan+terma%C2%ACsuk+dalam+kate%C2%ACgori+baik.++Persentase+rata-rata+skor+kinerja+siswa+kelas+eksperimen+selama+melakukan+praktikum+sebesar+81%25+dan+termasuk+dalam+kategori+baik.++Hal+terse%C2%ACbut+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+dengan+pendekatan+saintifik+efektif+dalam+meningkatkan+pema%C2%AChaman+konseptual+siswa+pada+materi+faktor-faktor+yang+mempengaruhi+laju+reaksi.%0D%0AKata+kunci+%3A%09efektivitas%2C+faktor-faktor+yang+mempengaruhi+laju+reaksi%2C+pema%C2%AChaman+konseptual%2C+pendekatan+saintifik%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-05-08&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26965%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26965%2F8%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26965%2F9%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ARIFIANI%2C+1313023008++(2017)+EFEKTIVITAS+PENDEKATAN+SAINTIFIK+PADA+MATERI+FAKTOR-FAKTOR+YANG+MEMPENGARUHI+LAJU+REAKSI+UNTUK+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEPTUAL+SISWA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F26965%2F