creators_name: ARIFIANI, 1313023008 creators_id: fiaarifiani44@gmail.com type: other datestamp: 2017-06-16 07:28:27 lastmod: 2017-06-16 07:28:27 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA ispublished: pub subjects: L1 subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pende¬katan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Kelas penelitian yang diperoleh yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang di¬gunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control Group. Efek-tivitas pendekatan saintifik dalam pe¬nelitian ini ditentukan berdasarkan perbedaan n-gain rata-rata yang signifikan anta¬ra kelas kontrol dengan kelas eksperimen, persentase rata-rata skor aktivitas dan kinerja siswa kelas eksperimen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa n-gain rata-rata kelas kontrol sebesar 0,36 dan kelas eksperimen sebesar 0,64. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa n-gain rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekspe¬rimen selama mengikuti pembelajaran sebesar 80% dan terma¬suk dalam kate¬gori baik. Persentase rata-rata skor kinerja siswa kelas eksperimen selama melakukan praktikum sebesar 81% dan termasuk dalam kategori baik. Hal terse¬but menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pema¬haman konseptual siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : efektivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, pema¬haman konseptual, pendekatan saintifik date: 2017-05-08 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ARIFIANI, 1313023008 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/26965/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26965/8/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/26965/9/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf