@misc{eprints26989, month = {Juni}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPEATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) }, author = {1313021023 DESTRIANTO PADANG PAMUNGKAS}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26989/}, abstract = { ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPEATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) Oleh Destrianto Padang Pamungkas Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela-jaran kooperatif tipe (TPS) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 9 Bandarlampung. Desain penelitian ini adalah postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi menjadi tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Akan tetapi, pemahaman konsep matematis siswa pada kelas TPS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa pada kelas Konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, pemahaman, konsep matematis siswa. } }