@misc{eprints26994, month = {Mei}, title = {Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = {1343021015 Ria Septiana}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/26994/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa tetapi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Efektivitas, Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Pair Share } }