title: Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan R. A Kartini Bandar Lampung creator: Merisa Permata Sari, 1015011059 subject: Karya Karya Umum = 000 description: ABSTRAK ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN R. A KARTINI BANDAR LAMPUNG Oleh MERISA PERMATA SARI Tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan menyebabkan penurunan pada kinerja jalan. Besarnya hambatan samping sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping dan menentukan solusi perencanaan untuk memperbaiki kinerja lalu lintas. Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan, kemudian survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan dan survei kecepatan sesaat baik terganggu dan tak terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada 100 meter di ruas jalan R. A Kartini. Perhitungan selanjutnya digunakan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk Jalan Perkotaan. Berdasarkan hasil perhitungan, maka didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0,83 dengan jumlah total volume kendaraan sebesar 4692,75 smp/jam, hal ini menunjukkkan keadaan ruas jalan sudah cukup jenuh sehingga diperlukan perbaikan kinerja jalan. Tingkat hambatan samping tertinggi yang mempengaruhi penurunan kinerja jalan yaitu berupa kendaraan keluar dan masuk lahan samping jalan, sehingga dibuat solusi pagar pembatas jalan sebagai upaya menghilangkan crossing kendaraan. Kata kunci : hambatan samping, volume lalu lintas, jalan nasional Abstract Bahhasa Inggris ABSTRACT ANALYSIS OF THE EFFECT OF SIDE FRICTION ON THE PERFORMANCE OF THE ROAD DEALERS R. A KARTINI BANDAR LAMPUNG by MERISA PERMATA SARI The high value of side friction on the road cause a decrease in performance of the road. The amount of side friction affects the capasity and speed of ride vehicles. The aim of this research was to analize the factors that affect the performance degredation of traffic condition on some side friction and determine planning solutions to improve the traffic performance. This research are obtained by doing survey of traffic volume (LHR) to see the density of vehicles, then surveys the side friction to see the influence of interference and spot speed surveys both distrubed and undistrubed side friction. This research doing in 100 meters in R. A Kartini street. Next calculation use the Manual Capasity of Indonesian Road in 1997 for the Urban Road. Based on calculation, then obtained the highest value of the degree of saturation of 0,83 with a total volume of vehicles by 4692,75 pcu/hours, it is indicate the state of the roads is very saturated, so that the necessary repairs the road performance. The highest level of side friction affecting road performance degredation in the form of vehicles in and out the side road area, so it made solutions guardial crossing the road in an attempt to eliminate the vehicle. Keywords : side friction, traffic volume, national road publisher: FAKULTAS TEKNIK date: 2014-08-07 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/2/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/6/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/8/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/9/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/10/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/11/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/12/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/14/DAFTAR%20NOTASI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/19/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2700/21/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: Merisa Permata Sari, 1015011059 (2014) Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan R. A Kartini Bandar Lampung. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/2700/