TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27070 UR - http://digilib.unila.ac.id/27070/ A1 - ELSIE TIARA PRAMESTI, 1313023024 Y1 - 2017/06/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang diguna-kan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian diawali dengan perancangan dan pembuatan draft awal berdasarkan hasil studi pustaka dan studi lapangan dengan responden guru dan siswa. Setelah penyusunan draft 1 maka dilakukan validasi oleh seorang dosen ahli terhadap karakteristik LKS aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Hasil validasi menunjukan bahwa persentase penilaian validator terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan dan konstruksi berkriteria ?sangat setuju?. Kemudian dilakukan revisi terhadap draft 1 LKS berdasarkan saran/masukan dari validator dan dihasilkan draft 2 LKS. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 13 Bandarlampung terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil tanggapan guru dan siswa terhadap LKS termasuk dalam kriteria ?sangat setuju?. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit telah dilakukan dengan baik, memiliki validitas yang sangat baik, baik untuk digunakan dan memperoleh tanggapan positif dari siswa. Kata kunci: LKS, problem solving, larutan elektrolit dan non elektrolit. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT AV - restricted ER -