%A 1311011076 HANI AULIA %T ANALISIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN PENYELENGGARA IBADAH HAJI DAN UMROH DI BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK Kemajuan ilmu pengetahuan tentang islam di Indonesia menjadikan penganut agama islam di Indonesia ingin selalu menyempurnakan agamanya, sehingga minat untuk datang ke baitullah selalu tinggi. PT Bunda Asri Lestari dan PT Bunda Asni Prima dapat memanfaatkan faktor internal dan eksternal yang ada dalam menyusun strategi bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi PT Bunda Asri Lestari dan PT Bunda Asni Prima, kemudian menganalisis alternatif strategi yang sesuai dan merekomendasikan prioritas strategi apa yang sesuai dengan keadaan PT Bunda Asri Lestari dan PT Bunda Asni Prima. Penelitian ini menggunakan metodeanalis deskriptif dengan tahapan formulasi-formilasi strategi, yaitu matriks IFE dan EFE, matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor imternal terdapat 7 kekuatan dan 3 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 5 peluang dan 5 ancaman untuk PT Bunda Asri Lestari dan PT Bunda Asni Prima. Berdasarkan matriks IFE dan EFE PT Bunda Asri Lestari menghasilkan total skor sebesar 3,289 dan 2,895. Matriks IFE dan EFE PT Bunda Asni Prima menghasilkan total skor sebesar 3,323 dan 2,835. Berdasarkan analisis matriks SWOT dihasilkan 8 strategi bagi PT Bunda Asri Lestari dan PT Bunda Asni Prima yang selanjutnya ditentukan strategi prioritas menggunakan analisis QSPM. Kata kunci: PT Bunda Asri Lestari, PT Bunda Asni Prima, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints27071