%A 1343051007 RIZKI ADHI WIJAYA %T PENGARUH LATIHAN JUMP STOP SHOOT DAN TRIPLE THREAT POSITION TERHADAP HASIL JUMP SHOOT PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN 2016/2017 %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah siswa belum mampu menguasai teknik jump shoot dengan baik sehingga pada saat melakukan jump shoot hasil yang diperoleh kurang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Populasi yang di ambil adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler basket putra dengan jumlah 20 orang. Sampel yang digunakan adalah jumlah populasi hitung X = ?3,75 t tabel diterima H a -2,101 taraf nyata 5%, n= 20 . Jika - t tabel ? t hitung A = ?5,48 X ? t ditolak, Jadi ada perbedaan yang signifikan kemampuan tes awal dan tes akhir terhadap hasil Jump Shoot. Sedangkan uji-t perbedaan antara X dan X B diperoleh t- hitung -2,24 < t tabel -2,101 maka tolak H . Kelompok eksperimen A dan eksperimen B ternyata menunjukan adanya pengaruh yang positif dari latihan jump stop shoot dan tripple threat position. latihan jump stop shoot memiliki pengaruh yang besar daripada latihan tripple threat position terhadap peningkatan hasil jump shoot pada siswa ektrakulikuler bola basket SMA Negeri 2 Pringsewu. Kata Kunci : jump shoot, jump stop shoot, triple threat position. ABSTRACT The problem in this research the students have not been able to master the technique of jump shoot well so that when doing jump shoot the results obtained less than the maximum. This study is actually on experimental method. Which is pre tes and post test. population is twenty students which is taken to follow basket ball extraculary according to amount of twenty population sample table -2,101 -2,101 5% real level, n = 20. If - t received H a arithematic table ? t X A = ?5,48 X arithmetic ? t rejected, So there is a significant difference in the ability of the initial test and the final test of the Jump Shoot results. While the t-test the difference between X A and X B was obtained t- arithmetic -2.24