TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints27100 UR - http://digilib.unila.ac.id/27100/ A1 - FITRI FEBRIYANTI, 1313023030 Y1 - 2017/06/16/ N2 - Penelitian dengan One Group Pretest Posttest Design telah dilakukan di SMA Negeri 13 Bandarlampung yang bertujuan untuk medeskripsikan kepraktisan, ke-efektivan dan ukuran pengaruh dari model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang ada di SMA Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan LKS dan instrumen asesmen pengetahuan berbasis problem solving. Kepraktisan diukur ber¬dasarkan ketelaksanaan model pembelajaran problem solving (dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran) dan kemenarikan model pembelajaran problem solving (dilihat dari angket respon siswa). Keefektivan di-ukur berdasarkan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajar¬an, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran, dan hasil peningkatan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh (effet size) diukur dengan uji-t dan uji effect size terhadap model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Me-ningkatnya penguasaan konsep siswa ditunjukkan berdasarkan rata-rata nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving memiliki kepraktisan dalam meningkat¬kan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan model pembelajaran problem solving memiliki kriteria ?sangat baik? dan kemena¬rikan model pem¬belajaran problem solving me¬miliki respon yang positif dari siswa. Model pembelajaran problem solving juga memiliki keefektivan dalam meningkat-kan penguasaan konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran me-miliki kriteria ?sangat baik?, serta penguasaan konsep siswa mengalami pe¬ningkat¬an dengan kriteria nilai n-gain ?sedang?. Model pembelajaran problem solving memiliki ukuran pengaruh yang ?besar? dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, penguasaan konsep, problem solving, ukuran pengaruh PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT AV - restricted ER -