%0 Generic %A TRINITA ANGGRAINI, 1313054061 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27104 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD IT QURROTA A’YUN BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/27104/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan seks pada anak usia dini di PAUD IT Qurrota A’yun Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, serta wawancara. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi dan dianalisis dengan metode analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan pendidikan seks dilakukan dengan merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran, dan memilih kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. 2) Pelaksanaan pendidikan seks dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada anak dan guru, strategi pembelajaran tematik terpadu, serta menggunakan metode bercerita, diskusi atau tanya jawab, menggambar, bermain permainan, bernyanyi, syair, dan nonton bareng dengan berbagai media pembelajaran. 3) Faktor pendukung dalam pendidikan seks di PAUD IT Qurrota A’yun adalah kesiapan guru dalam perencanaan kegiatan pembelajaran, serta adanya pemisahan toilet berdasarkan jenis kelamin, sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan guru yang berbeda-beda, anak yang tertutup, dan kesadaran dari orang tua atau wali. Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini   ABSTRACT The goal of this study was to describe the implementation of sexual education for early childhood in PAUD IT Qurrota A’yun Bandar Lampung . This study used qualitative descriptive approach with the data collection techniques which the main source of observation, documentation, and interviews. Data acquired is checked the validity using triangulation and analyzed by the method of data analysis interactive model of Miles and Huberman. These results indicated that; 1) The planning of the sexual education done with formulate learning objectives, determine the learning material, and choose the learning activities will be done. 2) The implemantation of the sexual education done with use learning approach with child oriented approach and teacher-centered approach, learning strategy with thematic integrated, and use method storytelling, discussion or question and answer, drawing, playing games, singing, poetry, and watch together with a variety of learning media. 3) The factor supporting of sex education in PAUD IT Qurrota A’yun is teachers readiness in planning a activities, as well as the separation of the toilet by gender, while inhibiting factor is the ability of different teachers, silent children, and the awareness of their parents or guardians. Keywords : Planning, Implementation, Sexual Education, Early Childhood