%A 1313053023 AYU SAPUTRI %T HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GANTIWARNO %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa dilihat dari persentase hasil ketuntasan mid semester ganjil siswa yakni pada kelas VI A sebesar 58,3% dan pada kelas VI B sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Gantiwarno. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk memperoleh data variabel kemandirian belajar, sedangkan tes dan studi dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel prestasi belajar. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert dan soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan thitung = 3,414 > ttabel = 2,010 dengan ? (0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Gantiwarno. Kata kunci: belajar, kemandirian, prestasi %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints27113