TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints27114 UR - http://digilib.unila.ac.id/27114/ A1 - APRISKA MARGANINGSIH, 1313053020 Y1 - 2017/05/31/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru, pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Non-Equivalen Control Grup Desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang menggunakan soal pilihan jamak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independen Sampel t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji hipotesis melalui Independen Sampel t-test diperoleh nilai sig 2-tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikansi pada penggunaan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: Examples non examples, hasil belajar, IPS. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU AV - restricted ER -