%0 Generic %A DEWI NURYANTI PUTRI, 1313053034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27118 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 1 BUMIRATU %U http://digilib.unila.ac.id/27118/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SD Negeri 1 Bumiratu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V B melalui penerapan model cooperative learning tipe group investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Aktif”, kemudian pada siklus II menjadi “Sangat Aktif”. Persentase hasil belajar afektif siswa siklus I katagori “Cukup Baik”, pada siklus II menjadi “Sangat Baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa siklus I katagori “Cukup Terampil”, pada siklus II menjadi “Sangat Terampil”. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I katagori “Kurang Tinggi”, pada siklus II menjadi “Tinggi”. Kata kunci: cooperative learning, group investigation, aktivitas, hasil belajar.