%0 Generic %A WAYAN GRACIAS , 1313023090 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27121 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN %U http://digilib.unila.ac.id/27121/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada ma-teri pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekspe-rimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 22 Bandarlampung dengan sampel penelitian kelas VII B dan kelas VII D yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Efektivitas pendekatan saintifik ditunjukkan dari perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan peningkatan sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada n-gain kelas kontrol. Sikap il-miah juga mengalami peningkatan sebesar 67,14% . Dengan demikian, disimpul-kan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, sikap ilmiah