%A 0743022028 Istika Sandra Sari %T PENERAPAN VARIASI ONGOING ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. (Penelitian Tindakan Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Bukit Kemuning) %X Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar fisika siswa. Sebelum penelitian, dilakukan wawancara terhadap siswa, kemudian ditinjaklanjuti dengan menggunakan instrumen yang telah valid dan reliabel untuk mengetahui keterampilan metakognisi siswa. Penelitian telah dilakukan dalam beberapa siklus hingga diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diharapkan. Maka, setelah penelitian diperoleh data peningkatan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa setiap siklusnya, yaitu pada Siklus I, II dan III berturut-turut adalah sebesar 3.61, 3.58 dan 3.81 dengan kategori ?Baik?. Pada aspek kognitif terjadi peningkatan yang sangat baik setiap siklusnya, yaitu berturut-turut sebesar 64.95, 73.29 dan 75.42 dengan kategori ?tuntas?. Pada aspek psikomotor hasil belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan meskipun hasilnya tidak begitu besar, yaitu 70.29, 71.29 dan 72.00. Sedangkan pada hasil belajar aspek afektif juga terjadi peningkatan setiap siklusnya, yaitu pada Siklus I yang mendapat nilai A dengan kategori ?Sangat Baik? sebanyak 5 siswa, pada Siklus II meningkat menjadi 8 siswa dan pada Siklus III sebanyak 10 siswa sehingga menjadi 18 siswa. Kata kunci: keterampilan metakognisi, ongoing assessment, penelitian tindakan kelas. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2713