title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PESISIR UTARA KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: OKTA VIANTI, (1213034058) subject: G Geography (General) subject: LB Theory and practice of education description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS I pada mata pelajaran geografi di SMA N I Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran CIRC dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Penggunaan model pembelajaran CIRC berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil siswa kelas XI IPS I pada mata pelajaran Geografi di SMA N I Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat. Kata kunci: model pembelajaran CIRC, pembelajaran konvensional, hasil belajar abstract This research was aimed at finding out and to analyze (1) the difference between the students’ learning result at class XI Social 1 that used model of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Learning type and the students’ learning result at class XI Social 2 that used conventional learning model, (2) the effect of using model of CIRC Learning type on the students’ learning result at class XI Social 1 of Geography subject at SMAN 1 Pesisir Utara West Pesisir District. Quasi experiment was used in this study. The populations were the students at class XI Social 1 and 2. To analyze the data, T-Test and linear regression analysis were used. The results showed that (1) there was a difference between the students’ learning result at class XI Social 1 that used model of CIRC Learning type and the students’ learning result at class XI Social 2 that used conventional learning model, (2) using model of CIRC Learning type there was an positive effect and significant of on the students’ learning result at class XI Social 1 of Geography subject at SMAN 1 Pesisir Utara West Pesisir District . Keywords: CIRC learning model,conventional learning, learning result publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-04-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27134/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27134/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27134/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: OKTA VIANTI, (1213034058) (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PESISIR UTARA KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . relation: http://digilib.unila.ac.id/27134/