%A 1313034034 FAHMI ASTATHI %T KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X ABSTRACT The purpose of this research is to know information about the problem that learning on the Integrated social science to map's matrial. This research method is qualitative methods descriptive form of a case study. Totalied population in this study are 11 teachers and sampling purposive amounted to 2 teachers. Data are collected by using the interview, observation, and documentation. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of this research showed problem found in this research both derived from geographic background and non-geographical education that is the teacher is less mastering the map material because the teacher's educational background is not derived from the education background of map's matrial, the delivery of material does not refer to the RPP and syllabus, teacher mindset to the material affect the material delivered, the teacher is less mastering the method of learning, the teacher is less use of instructional media, teachers are less precise in choosing evaluation techniques, teachers are not aware of the problem that arise within the learning process and after learning in the class. Keyword: problem, learning, integrated sosial science, map?s material ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kendala yang ditemukan dalam pembelajaran IPS Terpadu pada materi peta. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif bentuk studi kasus. Populasi pada penelitian ini berjumlah 11 guru dan pengambilan sampel bentuk purposif dengan berjumlah 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang ditemukan dalam penelitian ini baik yang berasal dari pendidikan geografi maupun non geografi yaitu guru kurang menguasai materi peta, penyampaian materi tidak merujuk pada RPP dan silabus, pola pikir guru terhadap materi mempengaruhi materi yang disampaikan, guru kurang menguasai metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, guru kurang tepat dalam memilih teknik evaluasi, guru tidak menyadari kendala yang muncul didalam diri saat proses pembelajaran berlangsung maupun setelah berlangsungnya pembelajaran di kelas. Kata Kunci: kendala, pembelajaran IPS Terpadu, materi peta. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27143