TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints27145 UR - http://digilib.unila.ac.id/27145/ A1 - Ignatius Alexandro, 1313022031 Y1 - 2017/06/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat blended learning berbasis LMS dengan model pembelajaran inkuiri pada materi listrik statis yang valid berdasarkan hasil penilaian para ahli dan guru. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur pengembangan Gall et al. (2003), dengan tahapan studi pendahuluan, perancangan produk, dan pengembangan produk. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan pengkajian pustaka dan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan angket yang diberikan kepada siswa kelas XII IPA 1 SMA Yadika Bandar Lampung dan wawancara kepada salah satu guru di SMA tersebut. Pada tahap perancangan produk, produk dirancang berdasarkan hasil dari studi pendahuluan. Lalu pada tahap pengembangan produk, produk dikenakan uji validasi oleh ahli dan praktisi. Subjek uji validasi ialah 2 orang ahli pendidikan fisika dan 3 guru fisika SMA di Lampung. Hasil penilaian menunjukkan bahwa validitas produk dari kedua ahli ialah sebesar 90,8% dan 86,6% dengan kategori sangat valid. Adapun skor rata-rata dari penilaian ketiga guru ialah sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, perangkat yang dikembangkan teruji sangat valid. Kata kunci: Blended learning, learning management system (LMS), inkuiri, listrik statis PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LISTRIK STATIS AV - restricted ER -