%0 Generic %A MAY SYAROH, 1313053094 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27158 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/27158/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara: 1) kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu; 2) kompetensi kepribadian guru dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu; dan 3) kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu. Metode penelitian ini ex post facto korelasi. Sampel berjumlah 30 dari 40 guru, pengambilan sampel dengan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data dengan korelasi pearson product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara: 1) kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se- Kecamatan Pringsewu pada taraf “Kuat”; 2) kompetensi kepribadian guru dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu pada taraf “Sangat Kuat”; 3) kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu pada taraf “Sangat Kuat”. Kata kunci: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, prestasi belajar