@misc{eprints27160, month = {Juni}, title = {PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT }, author = { 1313053076 IRA MAYA SARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27160/}, abstract = { Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 9 Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, nilai ratarata posttest kelas eksperimen 75,48 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 67,95. Perbandingan nilai N-gain kelas eksperimen 0,43 termasuk dalam kriteria sedang, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,33 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil uji hipotesis melalui Indipendent Sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,020, jika dibandingkan dengan ketetapan {\ensuremath{\alpha}} = 0,05, maka nilai 0,020 {\ensuremath{<}} 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, peer lessons, PKn.} }