@misc{eprints27179, month = {Juni}, title = {HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 SUKAJAWA KOTA BANDAR LAMPUNG }, author = {1313053176 DESI ERIYANTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27179/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah dan minat baca siswa yang masih rendah pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sukajawa Kota Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Sukajawa Kota Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota dari populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi, dengan penjelasan bahwa angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat baca siswa dan dokumentasi yaitu untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPS siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Sukajawa Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: minat baca, prestasi belajar, IPS. ABSTRACT The problem in this research is low students learning achievement IPS and reading interest of students is still low in the class V students of SD Negeri 4 Sukajawa Bandar Lampung City. The purpose of this research was to determine a positive relationship between reading interest and learning achievement IPS. The method used in this research is quantitative research type used is a correlation. The population in this research is all students class V of SD Negeri 4 Sukajawa Bandar Lampung City, the sampling technique used is total sampling, so the sample in this research is all members of the population. Data collection in this research is by using questionnaire method and documentation, With the explanation that the questionnaire is used to obtain data about students reading interest and documentation that is to obtain data about students learning achievement IPS. The results of this study indicate that, there is a positive relationship between reading interest with learning achievement IPS class V SD Negeri 4 Sukajawa Bandar Lampung City. Keywords: reading interest, learning achievement, IPS.} }