%0 Generic %A Wirawan Dwiatmanto, 1013031073 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27180 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIPE STAD DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016 - 2017 %U http://digilib.unila.ac.id/27180/ %X Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berupa (1) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran CTL, (2) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan tingkat kemampuan awal, (3) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dengan tingkat kemampuan awal siswa. Metode yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada dua kelas yang berbeda. Satu kelas menggunakan pembelajaran STAD dan satu kelas lainnya menggunakan CTL dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Rancangan yang digunakan yaitu 2 x 3 dan analisis data menggunakan Varian dua jalur dengan disain faktorial dan analisis efektivitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran CTL, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan tingkat kemampuan awal, (3) terdapat interaksi antara metode yang digunakan dan tingkat kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi prestasi belajar.. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran CTL dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Kata Kunci : pembelajaran STAD dan pembelajaran CTL pengantar akuntansi dan keuangan The problems of this research are the form of (1) whether there is mean difference of introductory financial accounting result of student learning with the stad and CTL cooperative learning? (2) whether there is mean difference of cost accounting result of student learning with paying attention to early ability? (3) whether there is interaction between learning method with the student early ability? Method of Quasy experiment was used to proving the research problems by giving treatment at two different class. One class by the STAD learning and the other one class by the CTL learning with paying attention to student early ability. The experiment and analysis design that was conducted is 2x3 with two way Variant analyse designedly factorial and effectiveness. Result of the research indicate that (1) there are mean difference of introductory financial accounting result of student learning with the stad and CTL cooperative learning, (2) there are mean difference of cost accounting result of student learning based on paying attention to ability of early student, (3) there are interaction between learning method with the student early ability for effected to cost accounting result of student learning. The conclution to inferential analysis indicated that (1) there are mean difference of introductory financial accounting result of student learning with the stad and CTL cooperative learning by paying attention to student early ability. Keyword : STAD learning, CTL learning Introduction to accounting and finance.