creators_name: DANIS ARIANDANA, 1116051017 creators_id: danisariandana@gmail.com type: other datestamp: 2017-07-07 07:30:37 lastmod: 2017-07-07 07:30:37 metadata_visibility: show title: IMPLEMENTASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA PENJUALAN SUSU SAPI MURNI (STUDI PADA UMKM KEDAI SUSU SAPI MURNI, BANDAR LAMPUNG) ispublished: pub subjects: H1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha pada penjualan susu sapi murni di kota Bandar Lampung, menggunakan Business Model Canvas. Dengan pendekatan kualitatif penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, menggunakan informan sebagai subjek penelitian yaitu pemilik kedai susu sapi murni. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data divalidasi dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran dan juga anak-anak muda yang mengutamakan hidup sehat sebagai segmen pelanggannya. Nilai proposisi berupa susu sapi murni segar siap diminum, saluran penjualan berupa lokasi yang strategis. Hubungan pelanggan mengutamakan layanan yang baik dan cepat. Arus pendapatan berasal dari penjualan produk. Sumber daya utamanya adalah fisik, Sumber Daya Manusia dan finansial. Aktifitas kunci berupa aktifitas penjualan dari buka sampai tutupnya kedai. Mitra utama kedai sapi susu murni ialah pemasok bahan baku susu sapi murni segar. Dan struktur biayanya adalah biaya tetap dan biaya variabel Dari hasil pemetaan yang telah dibuat peneliti, dengan analisis finansial dalam bentuk titik balik impas suatu usaha dan perhitungan penilaian investasi menggunakan metode Payback Period dan Net Profit Value. Peneliti menilai bahwa kedai susu sapi murni di Bandar Lampung layak untuk diteruskan menggunakan Business Model Canvas. Kata Kunci: Business Model Canvas, Kedai Susu, Kelayakan Usaha, Susu Sapi Murni. ABSTRACT This research aims to find out the advisability of pure cows milk sales in Bandar Lampung, using the business model canvas. This research is descriptive research with kind of qualitative approach, using informants as a subject of research, owner of pure cows milk café. Data collection techniques used in this research is through interviews and documentation. Test the validity of the data using the source-triangulated method. The research has been done showing that students, college students, office workers and also the young people give priority to healthy living as a customer segment. The value propotition is fresh pure cows milk ready to drunk, this sales channel by a strategic location. The customer relationship prioritizes the good and fast service. Revenue stream are coming from sale of the product. This business key resourchs are the physical, human and financial resources. Key activities are all activities sales from open to close. The key partnership are pure cows milk supplier. And cost structure is a fixed cost and variable cost. From the results of the mapping has been made by researcher and the calculation of financial analysis in the the form break even point an attempt and investment assessment using method of calculation of Payback Period and the Net Profit Value. Researcher assess the pure cows milk café in Bandar Lampung advisable to be continue used Business Model Canvas. Keywords: Business Advisability, Business Model Canvas, Milk Café, Pure Cows Milk. date: 2017-06-07 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: DANIS ARIANDANA, 1116051017 (2017) IMPLEMENTASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA PENJUALAN SUSU SAPI MURNI (STUDI PADA UMKM KEDAI SUSU SAPI MURNI, BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27181/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27181/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27181/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf