?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=%0D%0AIDENTIFIKASI+SOAL+UJIAN+TENGAH+SEMESTER+(UTS)+DAN+UJIAN+AKHIR+SEMESTER+(UAS)+MATA+PELAJARAN+BIOLOGI+BERDASARKAN+TAKSONOMI+BLOOM%0D%0AREVISI+ANDERSON%0D%0A%0D%0A%0D%0A(Studi+Deskriptif+di+SMA+se-Kecamatan+Gadingrejo%2C+Kabupaten+Pringsewu%0D%0ATahun+Ajaran+2015%2F2016)%0D%0A%0D%0A&rft.creator=PEMBAYUN+BINETHARA+%2C+1213024050&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+mengetahui+proporsi+soal+tes+UTS+dan+UAS+berdasarkan+aspek+kognitif+taksonomi+Bloom+revisi+Anderson%2C+dan+berdasarkan+bentuk+soal.+Sampel+dalam+penelitian+ini+adalah+guru+mata+pelajaran+Biologi+di+SMA+se-Kecamatan+Gadingrejo%2C+Kabupaten+Pringsewu+berjumlah+7+orang+yang+ditentukan+berdasarkan+teknik+sampling+jenuh.+Data+penelitian+berupa+soal+tes+UTS+dan+UAS+mata+pelajaran+Biologi+semester+ganjil+dan+genap+yang+diperoleh+dengan+meminta+perangkat+soal+tersebut+kepada+guru+mata+pelajaran+Biologi.+Soal+tes+diidentifikasi+dengan+menghitung+persentase+aspek+kognitif+C1-C6+dan+dimensi+pengetahuan+faktual%2C+konseptual%2C+prosedural+dan+metakognitif%2C+kemudian+dikelompokkan+menjadi+sekolah+negeri+dan+swasta+untuk+dilakukan+uji+beda+dengan+bantuan+program+SPSS+17.+Selain+itu%2C+dihitung+persentase+bentuk+soal+(soal+pilihan+jamak+dan+esei).%0D%0AHasilnya+Sebaran+aspek+kognitif+didominasi+C1+(mengingat)%2C+C2+(memahami)+dan+C3+(mengaplikasi)+saja+serta+sebaran+dimensi+pengetahuan+yaitu+faktual%2C+konseptual+dan+prosedural.+Sedangkan+C4+(menganalisis)%2C+C5+(menilai)+dan+C6+(mencipta)+serta+dimensi+pengetahuan++metakognitif+tidak+ditemukan.+Kemudian+analisis+perbedaan+menggunakan+uji-t+atau+uji-U%2C+dimensi+kognitif+pada+soal+UTS+yang+memiliki+perbedaan+secara+signifikan+antara+sekolah+negeri+dan+swasta+adalah+pada+dimensi+kognitif+C2+dengan+p-value+%3C+0.05.+Sedangkan+p-value+dimensi+kognitif+C1+serta+C3+%3E+0.05%2C+sehingga+tidak+terdapat+perbedaan+yang+signifikan.+Pada+soal+tes+UAS%2C+tidak+terdapat+perbedaan+secara+signifikan+pada+semua+dimensi+kognitif+antara+sekolah+negeri+dan+swasta.%0D%0A%0D%0ABerdasarkan+hasil+yang+diperoleh%2C+disimpulkan+bahwa+soal+tes+masih+belum+bervariasi+dan+tidak+terdapat+perbedaan+pada+sekolah+negeri+dan+swasta+baik+dalam+dimensi+kognitif+Bloom+revisi+Anderson+dkk+atau+berdasarkan+bentuk+soal.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Aspek+kognitif%2C+Dimensi+pengetahuan%2C+Soal+tes%2C+Taksonomi+Bloom+Revisi+Anderson%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-06-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27190%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27190%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27190%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++PEMBAYUN+BINETHARA+%2C+1213024050++(2017)++IDENTIFIKASI+SOAL+UJIAN+TENGAH+SEMESTER+(UTS)+DAN+UJIAN+AKHIR+SEMESTER+(UAS)+MATA+PELAJARAN+BIOLOGI+BERDASARKAN+TAKSONOMI+BLOOM+REVISI+ANDERSON+(Studi+Deskriptif+di+SMA+se-Kecamatan+Gadingrejo%2C+Kabupaten+Pringsewu+Tahun+Ajaran+2015%2F2016).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27190%2F