TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27209 UR - http://digilib.unila.ac.id/27209/ A1 - RENI AMALIA , 1013053075 Y1 - 2016/12/14/ N2 - ABSTRAK Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan yang diketahui dari hasil observasi yaitu hanya sebanyak 6 siswa atau 25% dari 24 siswa yang mencapai KKM yaitu 70 dengan kategori ?sedang?. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I mendapat 67,99% dengan kategori ?cukup aktif? dan meningkat 8,86 sehingga pada siklus II mencapai 76,85% dengan kategori ?aktif? dan meningkat 11,46 sehingga pada siklus III mencapai 88,28% dengan kategori ?sangat aktif?. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sejumlah 15 (62,5%) siswa telah mencapai KKM, meningkat menjadi 20 (83,33%) pada siklus II dan mencapai 21 (87,5%) siswa. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, strategi Index Card Match PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH KELAS IV SDN 1 PEKALONGAN KECAMATAN PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR AV - restricted ER -